Senin, 27 Maret 2017

Beraksi Bersama YAFI (Youth's Act For Indonesia)

Halo, Youth!
Apa kabar?
Semoga selalu diberkahi kesehatan yaa hehe amin
Nah, kali ini aku mau sedikit (banyak sih sebenernya) cerita soal komunitas yang baru-baru ini aku geluti. Komunitas tersebut bernama YAFI, yakni singkatan dari Youth’s Act For Indonesia. Whooaa, keren banget kan kepanjangannya? Ini juga yang menjadi salah satu pemicu aku ingin menjadi bagian dalam komunitas YAFI hehe.
Aku sendiri sejujurnya belum begitu mengetahui seluk beluk mengenai YAFI. Aku baru mulai mengikuti YAFI dari Line Add beberapa bulan belakangan ini. Dan pas banget, YAFI membuka kesempatan bagi para pemuda dengan membuka Oprec Main Team Batch V pada tanggal 21 Februari-03 Maret 2017. Tanpa ragu, langsung deh aku daftar dan ajak sahabatku Triana (aku ajak dia karena tahu dia ini tipikal orang yang care banget sama lingkungan sosial).
Singkat cerita, setelah melalui serangkaian seleksi, alhamdulillah kami lolos (yeah!). Dan dalam rangka penerimaan anggota baru sekaligus pengumuman divisi Batch V, kemarin (26 Maret 2017) diadakanlah First Meeting di Taman Tebet. Acara ini dimulai pukul 08.00 pagi dengan aktivitas Bonding untuk para anggota YAFI. Pertama-tama kami dibagi menjadi dua kelompok untuk bermain beberapa games. Awalnya aku pikir games ini cuma diperuntukkan bagi anggota baru, ternyata ngga! Kakak-kakaknya juga ikut masuk ke dalam dua kelompok tersebut. Ini nih salah satu yang aku suka di YAFI, di sini gak ada jarak antara anggota lama dan baru. Gak ada istilah senioritaslah pokoknya.
Permainan pertama pun dimulai...
Eits, tapi sebelum games pertama dimulai, masing-masing kelompok harus membuat yel-yel dan memberi nama kelompok. Ini dia nih penampakan kelompok 1 dan 2.
(Dari kiri ke kanan ada Alim, Ainoer, Dewi, Nade, Ariska, Syara, Ummi (aku), Itis, Rheinata, Anisa, Mita, dan Aldi)

(Dari kiri ke kanan ada Gilang, Dera, Joy, Sofia, Syifa, Triana, Sekar, Caca, Keke, dan Rosi)

Di games pertama, nama permainannya adalah Tebak Gerak dan Kata. Jadi di sini tiap anggota kelompok harus berbaris berjauhan dan menyalakan lagu dengan volume keras menggunakan headset. Orang pertama di barisan berperan sebagai pengirim pesan (kalimat yang diberitahu oleh panitia) kepada orang kedua, kemudian orang kedua menyampaikan kembali apa yang didengarnya (itu pun kalau kedengeran yaa wkwk) ke orang ketiga dan seterusnya sampai orang terakhir. Setelah selesai, orang terakhir harus menebak kalimat tersebut dengan benar. Nah, ini dia Youth keseruan di games pertama yang dimenangkan oleh kelompok pertama alias kelompokku hahaha.

Selanjutnya, games kedua adalah Gerak Vampir (agak serem yaa namanya wkwk). Jadiiiii, di games ini masing-masing kelompok masih harus berbaris tapi bedanya gak jauh-jauhan kaya sebelumnya dan orang yang ada dibelakang harus memegang bahu orang yang ada di depannya. Permainannya simple banget, kita cuma harus mengikuti instruksi dari panitia. Kalau panitia bilang ‘maju’ maka kita semua harus maju 1 kali lompatan, begitu juga dengan ‘mundur, kanan, kiri’. Tapi kalau panitia udah ngasih embel-embel kata ‘cong’, kita harus melakukan gerakan sebaliknya (panitia bilang ‘maju cong’ berarti kita harus mundur) dan kalau ada embel-embel kata ‘cing’, kita harus diam, gak boleh lompat ke depan, belakang, kanan, ataupun kiri. Maap yaak kalau agak njelimet penjelasanku, tapi ngerti kan? hehehe semoga. Ohiya, lagi-lagi permainan ini dimenangkan oleh kelompok pertama (yeay, menang lagi!)

Setelah menyelesaikan games kedua, kami pun berlanjut ke games terakhir, yakni Awas Air. Di games kali ini tiap kelompok (masih) harus berbaris ke belakang. Tapi ga seperti games pertama dan kedua yang mengharuskan berdiri, di sini kita semua mesti duduk dan ditutup matanya dengan sapu tangan, kain, slayer, dan sejenisnya. Kemudian orang yang berada di posisi terdepan harus memberikan piring berisikan air ke orang dibelakangnya dengan cara mengopernya dari atas kepala. Tujuan dari games ini ialah untuk mengumpulkan air sebanyak-banyaknya. Kelihatannya sih emang gampang, tapi ternyata sulit, lho. Ga sedikit anggota masing-masing kelompok yang tersiram air karena ga bisa menyeimbangkan posisi air di piring hahaha. Dan di games kali ini akhirnya kelompok dua yang menang hehe.

Selesai bersenang-senang ria dengan memainkan beberapa games, ini dia saatnya pengumuman divisi untuk para anggota baru. DEG.. DEG.. DEG..
And then, alhamdulillah aku terpilih masuk ke dalam divisi Public Relations (yeay!). semoga bisa amanah hehe amin. Selepas pengumuman, kami semua pun dikelompokkan kembali menurut divisi masing-masing. Di sini dijelaskan tentang perihal apa-apa saja job desk serta tanggung jawab divisi tersebut, lebih ke arah sharing sih sebenernya.

Agenda selanjutnya yakni poin utama acara ini. Yap! First meeting! kami pun bermutasi dari Taman Tebet ke Ropisbak terdekat. Sembari memanjakan perut dengan berbagai menu super lezat di tempat tersebut, kami membahas mengenai proker tiap divisi selama satu tahun ke depan dengan diiringi alunan hujan. Selepas meeting, kami pun membubarkan diri. Pamit berpulang ke habitat masing-masing haha.

Yah, kalau boleh dibilang, aku bahagia banget sekarang bisa menjadi bagian dari YAFI Batch V. Di komunitas ini aku disadarkan untuk menumbuhkan kepedulian sekaligus kepekaan jiwa sosial terhadap nasib anak-anak yang termarginalkan, terutama di bidang pendidikan. Seperti tagline yang diusung oleh YAFI yakni Mari Beraksi dan Mari Menginspirasi, pemuda Indonesia sudah semestinya berperan aktif dalam meningkatkan kualitas anak bangsa, salah satunya di bidang pendidikan. At last, aku suka banget sama kata-kata ka Andien yang bilang kalau (aku lupa detailnya, tapi intinya sih gini) JANGAN ANGGAP KITA INI TEMAN, KITA INI KELUARGA (terharu aku, kak!).
 
Yeay! ini dia personil Main Team YAFI Batch V

2 komentar: